1,2 Miliar Smartphone-tablet Akan Terjual Di 2013



Para analis memprediksi bahwa saat ini akan sangat menguntungkan untuk menjalankan bisnis

smartphonedan tablet. Sebab, diperkirakan akan ada 1,2 miliar perangkat pintar yang terjual di seluruh dunia pada tahun 2013.

Menurut perusahaan riset teknologi Gartner, angka tersebut terus naik dari 821 juta perangkat pintar yang telah terjual pada tahun ini. Permintaan pasar yang sangat besar di masyarakat menjadi alasan meningkatnya jumlah

smartphonedan tablet.

1,2 Miliar Smartphone-tablet Akan Terjual Di 2013 [ www.BlogApaAja.com ]

"BYOD [

bring your own device] dan gaya hidup membawa perangkat sendiri bagi tiap pekerja telah menjadi bagian dari kebijakan terkait perangkat," kata Carolina Milanesi, Vice President Gartner Research, dalam siaran persnya.

"Kami melihatnya dari pilihan konsumen, tidak hanya dari perusahaan pembuatnya, tapi juga departemen IT di tiap perusahaan mengenai penyediaan perangkat di perusahaannya."

Hingga 2016



Analis dari Gartner juga memprediksi bahwa 70 persen dari perangkat yang terjual pada tahun 2012 terdiri dari

smartphonedan tablet. Tren penggunaan perangkat mobile ini akan terus meningkat hingga 2016.

"Pada tahun 2016, dua pertiga dari tenaga kerja akan memiliki

smartphone. Dan 40 persen dari pekerja akan

mobile," kata Milanesi. "Tablet akan menjadi perangkat pendukung pekerjaan yang memiliki mobilitas tinggi," ujarnya.

Perusahaan riset ini juga memperkirakan bahwa tahun ini perusahaan-perusahaan akan membeli 13 juta tablet. Sedangkan pada tahun 2016 diperkirakan akan terus naik mencapai 53 juta tablet yang akan dibeli perusahaan.

"Namun

smartphonedan tablet tidak sepenuhnya akan menggantikan komputer PC. Meningkatnya popularitas

smartphonedan tablet karena banyak perusahaan menggunakan perangkat pintar ini untuk mendapatkan konsumen baru," ujar Milanesi.

Sistem operasi Android akan mendapat keuntungan besar dari tren meningkatnya penjualan

smartphonedan tablet. Pada tahun 2016, Gartner memperkirakan bahwa penggunaan OS Android akan mencapai 56 persen dari bisnis penjualan

smartphonedi Amerika Utara dan Eropa. "Tahun 2012 ini mengalami kenaikan sebanyak 34 persen, setelah pada tahun 2010 tidak ada kenaikan sama sekali," kata Milanesi.

Ia menambahkan, saat ini berbagai macam merek dan harga perangkat yang menggunakan OS Android selalu menarik perhatian penggunanya. "Sementara Apple tetap menjadi detak jantung pasar yang terus bergerak, dan Google dengan cepat menjadi saingan utama Apple," tambah Milanesi.

Peluang Windows 8



Gartner juga melihat pada tahun 2016 Windows 8 akan menjadi kekuatan No 3 dari tablet yang menggunakan OS Windows 8. Bisnis akan terus naik karena banyak perusahaan yang akan meminta kerjasama dalam penyediaan OS Windows 8 di perangkatnya. "Tablet yang kompatibel dengan Windows 8 akan menjadi peluang baru di bisnis ini," ungkap Milanesi.

Gartner memperkirakan, bisnis tablet Windows 8 akan mencapai 39 persen pada tahun 2016. Milanesi meramalkan, bisnis ini akan besar sama seperti RIM dengan perangkat BlackBerry di beberapa waktu lalu.

Sementara, RIM memiliki tantangan besar untuk kembali merajai pasar smartphone. Mereka harus mencari strategi baru di perangkat dan aplikasi tambahan pada perangkatnya.

Follow On Twitter